Tuliskan Kembali Arti Gold Gospel Dan Glory Pada Kolom Berikut

banner 1200 x 630 pixels

Pelajarteladan.com – Saat ini kita akan belajar pertanyaan Tuliskan Kembali Arti Gold Gospel Dan Glory Pada Kolom Berikut. Mari kita ulas soal tersebut dengan benar.

Tuliskan Kembali Arti Gold Gospel Dan Glory Pada Kolom Berikut

 

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).

Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

 

Jawaban

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah semboyan 3G (Gold, Glory, Gospel). Semboyan tersebut diartikan sebagai berikut:

  • Gold, keinginan untuk mendapatkan kekayaan dari sumber wilayah yang dieksplorasi selama penjelajahan samudera.
  • Glory, keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan dengan menguasai wilayah yang dieksplorasi untuk menunjukkan kejayaannya.
  • Gospel, keinginan untuk menyebarkan agama nasrani yang dibawa dari Eropa ke wilayah yang dieksplorasi.

 

Pembahasan

Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia merupakan bagian dari penjelajahan samudera yang dilakukan mulai dari abad ke-15.

Penjelajahan samudera yang dilakukan bangsa Eropa kala itu membuka rute dan wilayah-wilayah baru diberbagai belahan dunia dengan memegang semboyan 3G (Gold, Glory, dan Gospel). Salah satu wilayah yang dieksplorasi adalah Indonesia yang saat itu dikenal dengan kepulauan Nusantara.

Dengan adanya sumber daya rempah-rempah yang melimpah di Indonesia, bangsa Eropa ingin menjadikan wilayah tersebut sebagai sumber kekayaan bagi mereka mengingat rempah-rempah sangat dibutuhkan di Eropa.

Selain itu, dengan potensi yang ada, bangsa Eropa tentu ingin menguasai wilayah Indonesia untuk memperluas wilayah kekuasaannya dan menunjukkan kejayaannya sebagai suatu bangsa.

Selain ingin memperoleh kekayaan dan kejayaan, bangsa Eropa juga menjalankan misi untuk menyebarkan agama yang mereka bawa di Indonesia.

Ketiga keinginan yang kemudian dijalankan setibanya di Indonesia memunculkan suatu bentuk kolonialisme dan imperialisme dimana hal ini berujung pada konflik antara masyarakat lokal dengan bangsa Eropa.

Referensi :
Britannica.com
Ruangguru.com

Demikian jawaban dari soal tersebut. Cari tahu jawaban soal lainnya? Kamu bisa menggunakan menu pencarian untuk menemukan kunci jawaban yang benar.