Peta Kepulauan Maluku Dan Papua

banner 1200 x 630 pixels

Pelajarteladan.com – Kali ini kita akan belajar latihan soal Peta Kepulauan Maluku Dan Papua. Ayo kita bahas soal tersebut dengan tepat.

Peta Kepulauan Maluku Dan Papua

 

Jawaban

Gambar peta kepulauan Maluku dan Papua merupakan daerah yang berada di timur Indonesia. Berikut merupakan gambar peta kepualauan maluku dan papua.

Gambar peta kepulauan maluku dan papua

 

Pembahasan

Maluku adalah negara bagian yang termasuk bagian selatan Kepulauan Maluku di Indonesia. Negara ini berbatasan dengan Laut Seram di utara, Samudera Hindia dan Laut Arafura di selatan, Papua di timur, dan Sulawesi di barat. Kota terbesar di ibukota adalah Ambon.

Maluku adalah penduduk Indonesia terbesar ke-28, dengan jumlah penduduk 1.848.923 pada tahun 2020. Sebelum era kolonial, Maluku adalah pusat perdagangan rempah-rempah dunia, dengan cengkeh dan pala sebagai produk utamanya.

Karena itulah, Maluku masih disebut “Kepulauan Rempah-rempah” hingga saat ini. Orang-orang Maluku berbisnis dengan para pedagang di berbagai pelosok nusantara dan luar negeri, termasuk para pedagang di Cina, Arab, dan Eropa.

Kekayaan rempah-rempah ini juga menjadi daya tarik bangsa-bangsa Eropa yang akhirnya menguasai Kepulauan Maluku, dimulai dari Portugis dan terakhir Belanda.

Sejarah Maluku sebagai entitas dimulai pada abad ke-18 ketika Perusahaan Hindia Timur Belanda membentuk tiga provinsi: Ambon, Kepulauan Banda, dan Ternate.

Provinsi-provinsi ini disatukan oleh Belanda pada awal abad ke-19 dengan nama tunggal Maluku. Setelah era kolonial, Maluku tetap sepenuhnya negara sampai akhir abad ke-20 ketika Maluku Utara dibagi menjadi negara bagian sendiri.

Papua adalah pantai utara Pulau Papua, atau negara bagian paling timur dari Papua Indonesia. Belahan Bumi Timur adalah negara Papua Nugini.

Negara bagian Papua, dahulu bernama Irian Jaya, meliputi seluruh bagian barat Pulau Papua. Sejak tahun 2003, bagian timur disebut Pavard dan bagian barat dibagi menjadi dua negara bagian yang disebut Pavard (Pavard).

Dengan luas wilayah 312.224,37 km2, Papua merupakan negara bagian pertama dan terbesar di Indonesia.

Referensi :
Britannica.com
Ruangguru.com

Demikian jawaban dari soal tersebut. Pengen tahu jawaban soal lainnya? Kamu dapat menggunakan menu search untuk menemukan kunci jawaban yang benar.