Jarak Interval Nada G Ke Nada F Adalah

banner 1200 x 630 pixels

Pelajarteladan.com – Kali ini kita akan membahas latihan soal Jarak Interval Nada G Ke Nada F Adalah. Ayo kita bahas soal tersebut dengan benar.

Jarak Interval Nada G Ke Nada F Adalah

 

Jawaban

Jarak atau interval nada G ke nada F adalah 7 nada.

 

Pembahasan

Tangga nada adalah rangkaian notasi musik yang diurutkan berdasarkan frekuensi dasar atau pitch. Notasi musik tersebut disusun secara berurutan seperti do – re – mi – fa – sol – la – si – do. Pada tangga nada mayor, sebuah tangga nada yang sangat sering digunakan pada lagu pop modern, urutan nada juga dapat ditulis dengan C – D – E – F – G – A – B – C.

Interval adalah jarak antar nada pada tangga nada. Interval nada juga bisa dijelaskan sebagai jarak frekuensi antara nada satu ke nada yang lain, baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah.

Setiap interval nada memiliki jarak yang berbeda-beda. Pada tangga nada diatonis mayor, interval antara nadanya adalah 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½. Dengan begitu, bisa juga ditulis dengan do (1) re (1) mi (½) fa (1) sol (1) la (1) si (½) do atau C (1) D (1) E (½) F (1) G (1) A (1) B (½) C.

 

Jenis-jenis interval

Interval dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan frekuensinya, yaitu:

  • Prim: interval nada dari sebuah nada pada nada yang sama lainnya. Contohnya dari nada do ke nada do juga.
  • Sekon: interval nada dari satu nada menuju satu nada di atas atau di bawahnya. Contohnya dari nada do ke nada re atau dari nada re ke nada mi.
  • Terts: jarak dari satu nada ke nada tiga di atas atau di bawahnya. Contohnya adalah dari nada do ke nada mi atau nada re ke nada fa.
  • Quart: jarak dari satu nada ke nada empat di atas atau di bawahnya. Contohnya adalah dari nada do ke nada fa atau nada re ke nada sol.
  • Quin: jarak nada dari satu nada ke nada lima di atas atau di bawahnya. Contohnya adalah dari nada do ke nada do ke nada sol.
  • Sekt: interval nada dari satu nada ke nada enam di atas atau di bawahnya. Contohnya adalah dari nada do ke nada mi.
  • Septim: interval nada dari satu nada ke nada tujuh di atas atau di bawahnya. Contohnya adalah dari nada sol ke nada fa.
  • Oktaf: jarak nada dari satu nada ke nada delapan di atas atau di bawahnya. Contohnya adalah dari nada do ke nada do tinggi.

Referensi :
Britannica.com
Brainly.co.id

Demikian jawaban dari soal tersebut. Cari tahu jawaban pertanyaan lainnya? Kamu bisa menggunakan menu pencarian untuk menemukan kunci jawaban yang benar.