Geguritan Iku Kanggo Gampange Diarani Uga

banner 1200 x 630 pixels

Pelajarteladan.com – Saat ini kita akan belajar latihan soal Geguritan Iku Kanggo Gampange Diarani Uga. Ayo kita bahas soal tersebut dengan tepat.

Geguritan Iku Kanggo Gampange Diarani Uga

 

Jawaban

Geguritan iku kanggo gampange diarani uga puisi gagrag anyar. Geguritan iku uga diarani puisi terkini atau modern yaiku puisi jawa sing ora kaiket paugeran (ora kaiket karo guru gatra, guru lagu lan guru wilangan).

 

Pembahasan

Geguritan berasal dari istilah “gurit” lan “coretan”. geguritan ini berkembang di kalangan penutur bahasa jawa serta bali. Geguritan berkembang dari tembang, serta juga terbagi sebagai beberapa bentuk geguritan yang berbeda.

Geguritan juga mempunyai struktur:

  • Struktur fisik, yaitu yang bersifat tampak di susunan katanya, terdiri atas diksi, pengimajinasian, istilah konkret, verifikasi serta tipografi.
  • Struktur batin, yaitu struktur pembangun yang tak tampak langsung, akan terasa apabila dihayati serta dirasakan.

Berikut adalah ciri-ciri geguritan:

  • Jumlah gatra (baris) tak tetap
  • Setiap gatra berisi 8 suku kata
  • Bunyi di akhir baris bersuara sama

Bila terdapat puisi modern maka juga ada puisi jawa lama, Puisi jawa gagrag lawas lebih dikenal dengan tembang/pupuh.

Perberbedaanya dengan puisi modern, Puisi gagrag lawas ini sangat terikat pada peraturan atau paugeran (guru gatra, guru lagu, guru wilangan terdapat aturannya serta wajib dipenuhi) model dari puisi jawa gagrag lawas ialah Tembang Macapat yang terdapat 11 macam, serta masing-masingnya mempunyai paugeran yang berbeda-beda ibarat seperti identitas.

Referensi :
Britannica.com
Ruangguru.com

Demikian jawaban dari soal tersebut. Cari tahu jawaban pertanyaan lainnya? Kamu dapat menggunakan kolom search untuk menemukan kunci jawaban yang benar.