Air Garam Gula Dan Emas 24 Karat Merupakan Contoh Zat

banner 1200 x 630 pixels

Pelajarteladan.com – Saat ini kita akan membahas soal Air Garam Gula Dan Emas 24 Karat Merupakan Contoh Zat. Mari kita jawab soal tersebut dengan tepat.

Air Garam, Gula Dan Emas 24 Karat Merupakan Contoh Zat

 

Jawaban

Jawaban soal di atas adalah zat tunggal

 

Pembahasan

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

 

Air garam. Air garam merupakan campuran antara air dan garam dapur.

Campuran adalah penggabungan dua zat atau lebih tanpa melalui reaksi kimia sehingga sifat zat penyusunnya tidak akan berubah. Campuran dapat dibedakan menjadi zat campuran homogen dan campuran heterogen.

AIr garam merupakan campuran homogen karena memiliki susunan atau komposisi zat – zat penyusun pada setiap bagian sama.

 

Garam dapur

Jika itu garam dapur yang memiliki rumus kimia NaCl maka garam dapur merupakan contoh senyawa. NaCl adalah senyawa yang terbentuk dari dua unsur yaitu Na dan Cl.

 

Gula

Gula pasir memiliki rumus kimia C₁₂H₂₂O₁₁ yang merupakan gabungan dari tiga unsur yaitu unsur C, unsur H dan unsur O.

Senyawa adalah zat tunggal berupa gabungan dari dua unsur yang berbeda atau lebih yang dapat diurakan dengan reaksi kimia menjadi unsur-usnur penyusunnya.

 

Emas 24 karat

Emas 24 karat merupakan emas murni artinya tidak terdapat campuran logam lain didalam emas. Emas adalah unsur kimia dari golongan logam transisi dengan nomor atom 79. Emas memiliki bahasa Latin yaitu Aurum sehingga lambang unsur emas adalah Au.

Referensi :
Britannica.com
Brainly.co.id

Demikian jawaban dari soal tersebut. Cari tahu jawaban pertanyaan yang lain? Kamu dapat menggunakan kolom search untuk menemukan kunci jawaban yang benar.