Ads Top

Refleksi Jurnalistik, Kunci Pengembangan Literasi Digital

Peserta Pelatihan Jurnalistik

MAGELANG
– Jurnalistilk menjadi sebuah jalan tengah bagi banyaknya organisasi yang berkembang di Indonesia saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi digital, tentunya akan diikuti disrupsi digital yang berakibat pada munculnya disinformasi yangdi sebabkan oleh disrupsi jurnalisme.


Di tengah berkembangnya era digital, Pimpinan Cabang ( PC ) IPNU IPPNU Kabupaten Magelang menggelar Pelatihan Jurnalistik dengan tema “ Increase Your Skill in The World of Journalism “. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh urgensi kepenulisan di Kabupaten Magelang terutama di badan IPNU IPPNU sendiri.


Pelatihan Jurnalistik ini juga diadakan dalam serangkaian menyongsong Hari Lahir IPNU ke­-68 dan IPPNU ke-67. Tidak hanya diramaikan oleh kegiatan Pelatihan Jurnalistik, agenda serangakaian menyongsong Hari Lahir IPNU IPPNU, PC IPNU IPPNU Kabupaten Magelang juga mengadakan kegiatan Bimtek dan Soft Launching aplikasi Sistem Informasi Pelajar NU dan Administrasi Terpadu ( SIPADU ) yang di hadiri oleh anggota Departemen Kominfo Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Tengah.


“Di masa digitalisasi ini kita sebagai generasi muda yang kritis harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dari literasi klasikal ke literasi digital “, ungkap Ibu Diah Arifika, M.Sc. sebagai narasumber dalam Pelatihan Jurnalistik ini. PC IPNU IPPNU sebagai penyelenggara kegiatan ini berharap setelah adanya Pelatihan Jurnalistik, peserta dapat meningkatkan kualitas media di wilayahnya masing-masing.


Jurnalistik sebagai salah satu aspek penting dalam bermedia IPNU IPPNU di tengah maraknya berita hoax dan propaganda. Dunia maya yang saaat ini menjadi priorotas dalam mempublikasikan infromasi dan kegiatan oleh IPNU IPPNU mengalami disrupsi dalam pemanfaaatannya. Tentunya kegiatan ini akan melahiran bibit bibit Generasi Millenial NU yang bijak dalam bermedia.


Arina Milataka sebagai moderator sekaligus penyelenggara kegiatan pelatihan ini berkata bahwa, “ Kegiatan ini diharapkan tidak hanya berhenti disini saja, namun dapat berlanjut di kemudian hari sebagai tabungan dan aset bagi IPNU IPPNU karena tulisan mengikat makna “.    


Mengilasbalik sejarah dan proses berjalannya NU terutama IPNU IPPNU,  Pelatihan Jurnalistik ini diyakini akan menjadi titik balik dan bukti nyata eksistensi IPNU IPPNU di Kabupaten Magelang.  

D, M

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.