Ziarah : Potret Kulturalis Nahdlatul Ulama

Pengurus PAC & PR IPNU IPPNU Kecamatan Borobudur
Borobudur - Ziarah PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Borobudur ke Makam Auliya sekitar Magelang dilaksanakan pada Minggu (23/02/2020) dalam rangka memperingati hari lahir ke 66 IPNU . Acara ini diikuti oleh kurang lebih 40 pelajar yang tergabung dalam kepengurusan PAC maupun PR IPNU-IPPNU se-Kecamatan Borobudur.

Berawal dari titik kumpul peziarah, rumah rekan Yasin Brojonalan yang sekaligus menjadi basecamp PAC IPNU IPPNU Kec. Borobudur, sekitar pukul 15.30 WIB mulai diberikan arahan serta himbauan kepada para peziarah demi kelancaran dan keselamatan agenda ziarah oleh rekan Khotib selaku ketua PAC IPNU Kec Borobudur. ”Ziarah ini merupakan proker jangka pendek hasil rapat rutin selapanan PAC IPNU IPPNU Kec. Borobudur dua minggu lalu”, kata rekan Khotib. 

Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan kendaraan masing-masing hingga  ke tempat tujuan ziarah. Beberapa makam auliya yang diziarahi yaitu Makam K.H. Ahmad Abdul Haq Dalhar Santren, K.H. Nahrowi Dalhar Gunungpring, dan K.R. Syahid Mantingan Salam. 
Muhammad Rifa’i, Sekretaris MWCNU Borobudur, turut hadir dalam ziarah kali ini sekaligus menjadi rois tahlil di dua makam pertama, sementara rekan Ahmad Mudhofar Ersyidik sebagai sekretaris I PAC IPNU IPPNU Kec. Borobudur juga berkesempatan menjadi rois tahlil pada salah satu makam yang diziarahi yaitu makam K.R. Syahid Mantingan Salam. 

Ziarah di Makam Auliya Kab. Magelang
Sebagai kaum pelajar nahdliyin yang tetap menjaga tradisi NU, ziarah ke makam auliya ini mampu meningkatkan jiwa spiritual serta memperkuat solidaritas pelajar Borobudur. Disisi lain, ziarah ini menjadi bentuk nyata atas kecintaannya terhadap NU sekaligus syiar bagi pelajar untuk dapat mempertahankan esksistensinya di sekitar Magelang. Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah tabarrukan atau untuk mendapatkan keberkahan dari Allah melalui waliyullah yang kita tawassuli. 

Diakhiri dengan foto bersama dan berjabat tangan sebagai tanda telah selesainya kegiatan yang berlangsung hingga pukul 19.30 WIB ini. Mereka juga berharap, baik proker jangka panjang maupun pendek berikutnya, dapat dilaksanakan dengan semaksimal mungkin sehingga kader-kader pelajar NU terbiasa berorganisasi terlebih semakin cerdas dalam meyikapi setiap tantangan yang ada baik internal maupun eksternal organisasi. 

Furqon Al Mijili | Sekretaris II PAC IPNU Borobudur

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.